By Herdian Wibisono

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Lirik Lagu Sebagai Materi Pembelajaran Puisi

Sunday, June 21, 2009

Lirik Lagu Sebagai Materi Pembelajaran Puisi
( Oleh Herdian Wibisono)

Kita sering kali dihadapkan pada permasalahan pelik dalam menentukan materi pelajaran. Padahal dalam kurikulum KTSP guru diberi keleluasaan dalam menentukan materi pelajaran. Untuk itu penulis coba memberikan suatu alternatif materi pelajaran dalam pembelajaran puisi.

Kurikulum KTSP yang merupakan kurikulum pengembangan kurikulum 2004, memberikan keleluasaan bagi guru/pendidik untuk berinovasi dalam proses belajar belajarnya. Inovasi tersebut tentunya harus sesuai dengan silabus yang berlaku di tiap sekolah.

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang termasuk apresiasi sastra salah satunya ialah puisi. Guru tidak perlu bingung menentukan puisi sebagai materi pelajaran atau hanya terpaku pada buku teks atau pendukung lainnya untuk memberikan materi terhadap siswanya tetapi dapat mengadopsi lirik lagu sebagai materinya. Tentu saja lirik yang diambil harus memenuhi kaidah-kaidah puisi. Selain itu juga harus pula disesuaikan dengan temanya.

Pembelajaran apresiasi sastra menurut kurikulum adalah untuk dinikmati, yaitu siswa dapat memahami, menikmati wacana sastra berupa puisi. Tentunya banyak cara untuk menikmati sebuah karya sastra salah satunya adalah mendengarkan lagu namun untuk dapat menikmati sebuah sastra, hal itu tergantung dari masing-masing individunya.

Tidak ada salahnya jika siswa disodorkan sebuah lagu untuk dinikmati sekaligus dipahaminya. Dari sebuah lagu tersebut siswa tentunya dapat menikmatinya, setelah itu baru proses belajarnya tentang puisi dimasukkan/diajarkan sebagi bahan proses belajar mengajar.

Pada Kompetensi Dasar menulis puisi, siswa akan lebih senang jika dilantunkan sebuah lagu yang lagi populer/ "ngetop", daripada dari buku membaca dan membaca, sehingga kelas akan terasa lebih hidup dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Contoh Langkah-langkah dalam Kegiatan Belajar Mengajar
- Guru memberikan Apersepsi tentang puisi
- Guru menyajikan sebuah lagu (Cinta Terlarang dari The Virgin)
- Guru menugasi siswa untuk menyimak lagu yang disajikan
- Tanya jawab kepada siswa mengenai unsur-unsur puisi dalam lagu tersebut mengenai :
a. tema lagu
b. rima lagu
c. isi lagu
d. refleksi lagu dalam kehidupan masyarakat
e. amanat pengarang
- Membahas semua jawaban bersama-sama siswa
- Menugasi siswa untuk menulis puisi
- Menugasi siswa untuk menyanyikan puisinya
- Merayakan hasil kreativitas siswa dengan menyanyikan bersama-sama.

Dari contoh di atas tentunya siswa akan lebih senang/tertantang untuk mencipta puisi daripada hanya mempelajari puisi dari buku-buku yang disediakan/buku kerja siswa.
Tidak ada salahnya jika tulisan ini diimplementasikan pada kelas Anda semua.
Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment