By Herdian Wibisono

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP BIN Kls VII Bab 2

Saturday, August 30, 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan         : SMP
Kelas/Semester             : VII/1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Topik                            : Teks Deskripsi
Jumlah Pertemuan        : 2 x Pertemuan

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang  sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.2         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1       Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
       3.2    Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C.. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.2.1   Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.2.1      Menjawab pertanyaan tentang  isi teks deskripsi berjudul Tari Saman
3.2.2   Menyebutkan struktur teks deskripsi
3.2.3   Menyusun  teks deskripsi
C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4.      Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks deskripsi baik secara lisan maupun tulisan.
5.      Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan struktur teks deskripsi baik secara lisan maupun tulisan
6.      Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan menyusun teks deskripsi sesuai struktur teks baik secara lisan maupun tulisan
D.     Materi Pembelajaran
·                  Teks Deskripsi
·                  Membedakan struktur teks  hasil observasi dengan teks deskripsi
·                  Membedakan fitur bahasa teks deskripsi dengan teks hasil observasi
E.     Alokasi Waktu
4 x 40 Menit ( 2 X pertemuan)
F.      Metode Pembelajaran
Metode scientifik
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 ‘)
1)    Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3)    Siswa diberi pemahaman tentang teks deskripsi yang dikaitkan dengan budaya di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar  mencintai budaya negeri.
b.      Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca teks deskripsi secara cermat.
2)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi teks deskripsi sesuai gagasan pokok.
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi teks, Struktur teks deskripsi.
4)    Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Siswa bersama guru membahas hasil pekerjaan setiap kelompok .
c.     Kegiatan Penutup (10’)
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
1)  Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.    Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca contoh teks deskripsi dengan cermat.
2)    Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks deskripsi
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan berdiskusi menyusun  teks deskripsi
4)    Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Guru dan siswa membahas setiap hasil kerja kelompok untuk menentukan struktur teks hasil observasi yang benar.
b.      Kegiatan Penutup (10’)
1)      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
H.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun
.
b.    Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi.
Tes tertulis
Tes uraian
1.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
Menyebutkan struktur teks deskripsi
Tes tertulis

Tes uraian


2.      Sebutkan struktur teks deskripsi yang berjudul tari Gambyong!
Menyusun teks deskripsi
Tes tertulis
Tes uraian
3.      Susunlah teks deskripsi sesuai dengan struktur teks


PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab isi teks deskripsi

·         Jawaban betul 5
5
·         Jawaban betul 4
4
·         Jawaban betul 3
3
·         Jawaban betul 2
2
·         Jawaban betul 1
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa menyebutkan struktur teks

·         Menjawab 2 struktur teks dengan benar
10
·         Menjawab 1 struktur teks dengan benar
5
·         Menjawab 1 aspek bahasa teks dengan benar
1

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa menyusun teks deskripsi

·         Menyusun sesuai struktur teks dengan benar
10
·         Menyusun tidak sesuai struktur teks
1

I.       Sumber Belajar
Ismail Marahimin. 2008. Penulisan Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta : Erlangga
Keraf, Gorys.  2004.  Argumentasi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah


Jatikalen,   Juli  2014
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




Noor Cholis, S.Pd., M.Si.                                        Herdian Wibisono, S.Pd.
NIP 19620702 198301 1 004                                 NIP 19680319 199903 1 004


Lampiran 1
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester:  VII/1
Tahun Ajaran   : 2014/2015
Waktu Pengamatan: Dalam PBM
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















.6

















7

















8

















9

















10

















11

















12

















13

















14

















15

















16

















17

















18

















19

















20

















21

















22

















23

















24

















25


















Lampiran 2
Lembar Keaktifan Siswa
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar             :  Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               :  Teks Deskripsi

No
Nama Siswa
Keaktifan Siswa
SA
A
KA
TA
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





 Keterangan :
SA : Sangat Aktif
A   : Aktif
KA : Kurang Aktif
TA : Tidak Aktif




Laporan Hasil Tugas
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar             :  Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               :  Teks Deskripsi

No
Nama Siswa
Skor aspek yang dinilai
Jumlah
Isi
Struktur
Kbhsaan
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





 Keterangan
Skor maksimal :
Isi                        : 35
Struktur               : 35
Kebahasaan        : 30




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan         : SMP
Kelas/Semester             : VII/1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Topik                            : Teks Hasil Observasi
Jumlah Pertemuan        : 2 x Pertemuan

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang  sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.2          Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1       Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
3.2       Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.2.1   Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan pendeskripsian.
3.2.1   Mendaftar kata ganti yang terdapat dalam teks  deskripsi
3.2.2   Menyebutkan  proses morfologis (bentukan kata) yang terdapat dalam teks deskripsi.
3.2.3   Membuat kalimat dengan konjungsi penambahan (dan), perlawanan (tetapi), sebab-akibat (sehingga), pilihan (atau).
3.2.4   Membuat kalimat defini sesuai dengan ciri-ciri kalimat definisi.
D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4.      Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat mendaftar kata ganti yang terdapat dalam teks deskripsi.
5.      Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan proses morfologis kata yang terdapat dalam teks deskripsi.
6.      Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan konjungsi penambahan (dan), perlawanan (tetapi), sebab-akibat (sehingga), pilihan (dan).
7.      Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat membuat kalimat definisi sesuai dengan ciri-cirinya.
E.     Materi Pembelajaran
·                  Teks Deskripsi
·                  Kebahasaan
F.      Alokasi Waktu
4 x 40 Menit ( 2 X pertemuan)
G.    Metode Pembelajaran
Metode scientifik
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 ‘)
1)    Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3)    Siswa diberi pemahaman tentang kebahasaan teks hasil deskripsi
b.      Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca teks deskripsi secara cermat.
2)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang kata ganti, frasa, dan proses morfologis yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok mendaftar kata ganti dan menyebutkan proses morfologis kata yang terdapat dalam teks deskripsi.
4)    Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Siswa bersama guru membahas hasil pekerjaan setiap kelompok .
c.     Kegiatan Penutup (10’)
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
1)  Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.    Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca contoh teks deskripsi dengan cermat.
2)    Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan konjungsi, kalimat definisi dalam teks deskripsi,
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan konjungsi, kalimat definisi dalam teks deskripsi.
4)    Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Guru dan siswa membahas setiap hasil kerja kelompok yang dipresentasikan.
b.      Kegiatan Penutup (10’)
1)      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun
.
b.    Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyebutkan  kata ganti dalam teks
Tes tertulis
Tes uraian
1.      Bacalah dengan saksama teks hasil observasi berikut! Daftarlah 5  kalimat yang menggunakan kata ganti yang terdapat dalam teks!
Menyebutkan proses morfologis kata dalam teks
Tes tertulis
Tes uraian


2.      Tuliskan proses morfologis kata-kata berikut! A. Menarikan, B. Mempercayai
a.        
Membuat kalimat definisi
Tes tertulis
Tes uraian
3.      Buatlah 2  kalimat definisi sesuai dengan ciri-ciri kalimat definisi!
Menuliskan konjungsi
Tes Tulis
Tes Uraian
4.      Daftarlah konjungsi yang terdapat dalam teks deskripsi berikut!


PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa mendaftar kata ganti

·         Menjawab 3 kata benar
6
·         Menjawab 2 kata benar
4
·         Menjawab 1 kalimat benar
2

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa menuliskan proses morfologis

·         Menjawab  2 proses morfologis dengan benar
5
·         Menjawab  1 proses morfologis dengan benar
2
·         Menjawab  salah
1

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa membuat kalimat definisi

·         Menjawab 2 kalimat benar
5
·         Menjawab 1 kalimat benat
2
·         Menjawab salah
1

Soal no. 4
Aspek
Skor
Siswa membuat kojungsi

·         Menjawab 2 kata benar
5
·         Menjawab 1 kata benat
2
·         Menjawab salah
1

J.      Sumber Belajar
Ismail Marahimin. 2008. Penulisan Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta : Erlangga
Keraf, Gorys.  2004.  Argumentasi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah


Jatikalen,   Juli  2014
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Noor Cholis, S.Pd., M.Si.                                        Herdian Wibisono, S.Pd.
NIP 19620702 198301 1 004                                 NIP 19680319 199903 1 004


Lampiran 1
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Ajaran   : 2014/2015
Waktu Pengamatan: Dalam PBM
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















.6

















7

















8

















9

















10

















11

















12

















13

















14

















15

















16

















17

















18

















19

















20

















21

















22

















23

















24

















25


















Lampiran 2
Lembar Keaktifan Siswa
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar          : Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               : Teks hasil Observasi
No
Nama Siswa
Keaktifan Siswa
SA
A
KA
TA
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





 Keterangan :
SA : Sangat Aktif
A   : Aktif
KA : Kurang Aktif
TA : Tidak Aktif



Laporan Hasil Tugas
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar          : Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               : Kebahasaan

No
Nama Siswa
Skor aspek yang dinilai
Jumlah
prefiks
infiks
sufiks
konfiks
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






 Keterangan
Skor maksimal :
Kata ganti            : 5
Frasa                     : 5
P. Morfologis     : 5
Konjungsi            : 5
Kebakuan            : 5




No comments:

Post a Comment