- Metode PQ4R
Pengalaman awal dapat dibangun melalui aktivitas membaca sehingga peserta didik
akan memiliki stock knowledge. Langkah – langkahnya :
- P (Preview) yaitu peserta didik menemukan ide – ide
pokok yang dikembangkan dalam bahan bacaan.
- Q (Question) yaitu peserta didik merumuskan pertanyaan
– pertanyaan untuk dirinya sendiri yang diarahkan pada pembentukan
pengetahuan deklaratif, structural dan pengetahuan procedural.
- R (Read) yaitu peserta didik membaca secara detail dari
bahan bacaaan yang dipelajarinya sehingga paerta didik diarahkan mencari
jawaban terhadap semua pertanyaan yang dirumuskannya.
- R (Reflect) yaitu peserta didik memahami apa yang
dibacanya.
- R (Recite) yaitu peserta didik merenungkan kembali apa
yang dibacanya dan mampu merumuskan konsep – konsep, menjelaskan hubungan
antar konsep dan mengartikulasikan pokok – pokok penting yang telah
dibacanya.
- R (Review) yaitu peserta didik merangkum atau merumuskan intisari dari bahan yang telah dibacanya. Peserta didik mampu merumuskan kesimpulan sebagai jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang telah diajukannya.
2. Metode Guided Note Taking
Merupakan metode catatan terbimbing
yang dikembangkan agar metode ceramah yang dibawakan guru mendapat perhatian
siswa. Langkah – langkahnya :
a) Memberikan
bahan ajar misalnya yang berupa handout dari materi ajar yang disampaikan
dengan metode ceramah kepada peserta didik.
b) Mengosongi sebagian
poin – poin yang penting sehingga terdapat bagian – bagian yang kosong dalam handout tersebut
c) Menjelaskan
kepada peserta didik bahwa bagian yang kosong dalam handout memang sengaja
dibuat agar peserta didik tetap berkonsentrasi mengikuti pelajaran.
d) Selama ceramah
berlangsung peserta didik diminta untuk mengisi bagian yang kosong tersebut.
e) Setelah
penyampaian materi selesai, minta peserta didik membacakan handoutnya.
No comments:
Post a Comment