RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Teks Deskripsi
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
3.2 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif,
eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C.. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
1.2.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis
3.2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
3.2.1
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks deskripsi berjudul Tari Saman
3.2.2
Menyebutkan struktur teks deskripsi
3.2.3
Menyusun teks deskripsi
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.
Selama dan setelah proses pembelajaran,
siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam
menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4.
Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya
siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks deskripsi baik secara lisan
maupun tulisan.
5.
Setelah membaca teks hasil observasi dan mendiskusikannya
siswa dapat menyebutkan struktur teks deskripsi baik secara
lisan maupun tulisan
6.
Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya
siswa dapat menyebutkan menyusun teks deskripsi sesuai struktur teks
baik secara lisan maupun tulisan
D.
Materi Pembelajaran
·
Teks Deskripsi
·
Membedakan
struktur teks hasil observasi dengan
teks deskripsi
·
Membedakan
fitur bahasa teks deskripsi dengan teks hasil observasi
E.
Alokasi Waktu
4 x 40 Menit ( 2
X pertemuan)
F.
Metode Pembelajaran
Metode
scientifik
G.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 ‘)
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
3) Siswa diberi pemahaman tentang teks
deskripsi yang dikaitkan dengan budaya di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar mencintai budaya negeri.
b.
Kegiatan Inti (60’)
1) Siswa membaca teks deskripsi secara
cermat.
2) Guru dan siswa bertanya jawab tentang
isi teks deskripsi sesuai gagasan pokok.
3) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan menjawab pertanyaan tentang isi teks, Struktur teks
deskripsi.
4) Salah satu kelompok melaporkan
hasil diskusinya.
5) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
6) Siswa bersama guru membahas hasil
pekerjaan setiap kelompok .
c.
Kegiatan Penutup (10’)
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
2.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (10’)
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti (60’)
1) Siswa
membaca contoh teks deskripsi dengan cermat.
2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks deskripsi
3) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan berdiskusi menyusun teks deskripsi
4) Wakil dari masing-masing kelompok
secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
5) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
6) Guru dan siswa membahas setiap
hasil kerja kelompok untuk menentukan struktur teks hasil observasi yang benar.
b.
Kegiatan Penutup (10’)
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
H.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.
Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
Hasil
penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama
dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
.
b.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menjawab pertanyaan isi teks
deskripsi.
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
|
Menyebutkan
struktur teks deskripsi
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2. Sebutkan
struktur teks deskripsi yang berjudul tari Gambyong!
|
Menyusun teks deskripsi
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
3. Susunlah
teks deskripsi sesuai dengan struktur teks
|
PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab isi teks
deskripsi
|
|
·
Jawaban
betul 5
|
5
|
·
Jawaban
betul 4
|
4
|
·
Jawaban
betul 3
|
3
|
·
Jawaban
betul 2
|
2
|
·
Jawaban
betul 1
|
1
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menyebutkan struktur teks
|
|
·
Menjawab
2 struktur teks dengan benar
|
10
|
·
Menjawab
1 struktur teks dengan benar
|
5
|
·
Menjawab
1 aspek bahasa teks dengan benar
|
1
|
Soal no.
3
Aspek
|
Skor
|
Siswa menyusun teks deskripsi
|
|
·
Menyusun
sesuai struktur teks dengan benar
|
10
|
·
Menyusun
tidak sesuai struktur teks
|
1
|
I.
Sumber Belajar
Ismail
Marahimin. 2008. Penulisan Populer.
Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis.
Jakarta : Erlangga
Keraf,
Gorys. 2004. Argumentasi
dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah
Jatikalen, Juli
2014
Mengetahui
Kepala
SMPN 2 Jatikalen Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Noor
Cholis, S.Pd., M.Si. Herdian
Wibisono, S.Pd.
NIP
19620702 198301 1 004 NIP
19680319 199903 1 004
Lampiran
1
Lembar
Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester: VII/1
Tahun Ajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan: Dalam
PBM
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur,
tanggung jawab, dan santun.
BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus
dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||
.6
|
|||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||
11
|
|||||||||||||||||
12
|
|||||||||||||||||
13
|
|||||||||||||||||
14
|
|||||||||||||||||
15
|
|||||||||||||||||
16
|
|||||||||||||||||
17
|
|||||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||
20
|
|||||||||||||||||
21
|
|||||||||||||||||
22
|
|||||||||||||||||
23
|
|||||||||||||||||
24
|
|||||||||||||||||
25
|
Lampiran 2
Lembar Keaktifan
Siswa
Kelas/Semester : VII/1
Kompetensi
Dasar : Membedakan teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
Materi
Pokok : Teks Deskripsi
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan Siswa
|
|||
SA
|
A
|
KA
|
TA
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
Keterangan :
SA : Sangat Aktif
A : Aktif
KA : Kurang Aktif
TA : Tidak Aktif
Laporan Hasil
Tugas
Kelas/Semester : VII/1
Kompetensi
Dasar : Membedakan teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
Materi
Pokok : Teks Deskripsi
No
|
Nama Siswa
|
Skor aspek yang
dinilai
|
Jumlah
|
||
Isi
|
Struktur
|
Kbhsaan
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
Keterangan
Skor maksimal :
Isi :
35
Struktur :
35
Kebahasaan :
30
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Teks Hasil
Observasi
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
3.2 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.2.1
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
1.2.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis
3.2.1
Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab,
dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan pendeskripsian.
3.2.1
Mendaftar kata ganti yang terdapat dalam
teks deskripsi
3.2.2
Menyebutkan proses morfologis (bentukan kata) yang
terdapat dalam teks deskripsi.
3.2.3
Membuat kalimat dengan konjungsi
penambahan (dan), perlawanan (tetapi), sebab-akibat
(sehingga), pilihan (atau).
3.2.4
Membuat kalimat defini sesuai dengan
ciri-ciri kalimat definisi.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.
Selama dan setelah proses pembelajaran,
siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah
Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.
Selama
dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan
sikap jujur,
tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam
menyusun/memproduksi hasil observasi baik lisan maupun tulisan
4.
Setelah membaca teks deskripsi
dan mendiskusikannya siswa dapat mendaftar kata ganti yang terdapat dalam teks deskripsi.
5.
Setelah membaca teks deskripsi
dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan proses morfologis kata yang
terdapat dalam teks deskripsi.
6.
Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat membuat kalimat
dengan menggunakan konjungsi penambahan (dan), perlawanan (tetapi),
sebab-akibat (sehingga), pilihan (dan).
7.
Setelah membaca teks deskripsi dan mendiskusikannya siswa dapat membuat kalimat
definisi sesuai dengan ciri-cirinya.
E.
Materi Pembelajaran
·
Teks
Deskripsi
·
Kebahasaan
F.
Alokasi Waktu
4 x 40 Menit ( 2
X pertemuan)
G.
Metode Pembelajaran
Metode
scientifik
H.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 ‘)
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
3) Siswa diberi pemahaman tentang kebahasaan
teks hasil deskripsi
b.
Kegiatan Inti (60’)
1) Siswa membaca teks deskripsi secara cermat.
2) Guru dan siswa bertanya jawab tentang
kata ganti, frasa, dan proses morfologis yang terdapat dalam teks laporan hasil
observasi.
3) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok mendaftar
kata ganti dan menyebutkan proses morfologis kata yang terdapat dalam teks deskripsi.
4) Salah satu kelompok melaporkan
hasil diskusinya.
5) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
6) Siswa bersama guru membahas hasil
pekerjaan setiap kelompok .
c.
Kegiatan Penutup (10’)
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
2.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan (10’)
1) Siswa
menrespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti (60’)
1) Siswa
membaca contoh teks deskripsi dengan cermat.
2) Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan konjungsi, kalimat definisi dalam teks deskripsi,
3) Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca
dan berdiskusi menentukan konjungsi, kalimat definisi dalam teks deskripsi.
4) Wakil dari masing-masing kelompok
secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
5) Kelompok lain merespon atau
menanggapi dengan responsif dan santun.
6) Guru dan siswa membahas setiap
hasil kerja kelompok yang
dipresentasikan.
b.
Kegiatan Penutup (10’)
1) Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2) Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan
3) Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
I.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.
Penilaian Proses
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Keterangan
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar
Pengamatan
|
Hasil
penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama
dan Guru PKn
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
.
b.
Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Menyebutkan kata ganti dalam teks
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
1. Bacalah dengan saksama teks
hasil observasi berikut! Daftarlah 5
kalimat yang menggunakan kata ganti yang terdapat dalam teks!
|
Menyebutkan proses morfologis kata dalam teks
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
2. Tuliskan
proses morfologis kata-kata berikut! A. Menarikan, B. Mempercayai
a.
|
Membuat kalimat definisi
|
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
|
3. Buatlah
2 kalimat definisi sesuai dengan
ciri-ciri kalimat definisi!
|
Menuliskan konjungsi
|
Tes Tulis
|
Tes
Uraian
|
4. Daftarlah
konjungsi yang terdapat dalam teks deskripsi berikut!
|
PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa mendaftar kata ganti
|
|
·
Menjawab
3 kata benar
|
6
|
·
Menjawab
2 kata benar
|
4
|
·
Menjawab
1 kalimat benar
|
2
|
Soal no. 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menuliskan proses
morfologis
|
|
·
Menjawab 2 proses morfologis dengan benar
|
5
|
·
Menjawab 1 proses morfologis dengan benar
|
2
|
·
Menjawab salah
|
1
|
Soal no. 3
Aspek
|
Skor
|
Siswa membuat kalimat definisi
|
|
·
Menjawab
2 kalimat benar
|
5
|
·
Menjawab
1 kalimat benat
|
2
|
·
Menjawab
salah
|
1
|
Soal no. 4
Aspek
|
Skor
|
Siswa membuat kojungsi
|
|
·
Menjawab
2 kata benar
|
5
|
·
Menjawab
1 kata benat
|
2
|
·
Menjawab
salah
|
1
|
J.
Sumber Belajar
Ismail
Marahimin. 2008. Penulisan Populer.
Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis.
Jakarta : Erlangga
Keraf,
Gorys. 2004. Argumentasi
dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah
Jatikalen, Juli
2014
Mengetahui
Kepala
SMPN 2 Jatikalen Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Noor
Cholis, S.Pd., M.Si. Herdian
Wibisono, S.Pd.
NIP
19620702 198301 1 004 NIP
19680319 199903 1 004
Lampiran
1
Lembar
Pengamatan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Tahun Ajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan: Dalam
PBM
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur,
tanggung jawab, dan santun.
BT (belum tampak) jika
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
MT (mulai tampak) jika
menunjukkan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
MB (mulai berkembang) jika
menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus
dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda
√ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||
.6
|
|||||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||||
11
|
|||||||||||||||||
12
|
|||||||||||||||||
13
|
|||||||||||||||||
14
|
|||||||||||||||||
15
|
|||||||||||||||||
16
|
|||||||||||||||||
17
|
|||||||||||||||||
18
|
|||||||||||||||||
19
|
|||||||||||||||||
20
|
|||||||||||||||||
21
|
|||||||||||||||||
22
|
|||||||||||||||||
23
|
|||||||||||||||||
24
|
|||||||||||||||||
25
|
Lampiran 2
Lembar Keaktifan
Siswa
Kelas/Semester : VII/1
Kompetensi Dasar : Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
Materi
Pokok : Teks hasil Observasi
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan Siswa
|
|||
SA
|
A
|
KA
|
TA
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
7
|
|||||
8
|
|||||
9
|
|||||
10
|
|||||
11
|
|||||
12
|
|||||
13
|
|||||
14
|
|||||
15
|
|||||
16
|
|||||
17
|
|||||
18
|
|||||
19
|
|||||
20
|
|||||
21
|
|||||
22
|
|||||
23
|
|||||
24
|
|||||
25
|
Keterangan :
SA : Sangat Aktif
A : Aktif
KA : Kurang Aktif
TA : Tidak Aktif
Laporan Hasil
Tugas
Kelas/Semester : VII/1
Kompetensi Dasar : Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan maupun tulisan
Materi
Pokok : Kebahasaan
No
|
Nama Siswa
|
Skor aspek yang
dinilai
|
Jumlah
|
|||
prefiks
|
infiks
|
sufiks
|
konfiks
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
Keterangan
Skor maksimal :
Kata ganti :
5
Frasa :
5
P. Morfologis :
5
Konjungsi :
5
Kebakuan :
5
No comments:
Post a Comment