INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN
Nama
Guru yang dinilai
|
:
|
………………………………………………………
|
N I
P
|
:
|
…………………………………………………………
|
Unit
Kerja
|
:
|
…………………………………………………………
|
Periode
Penilaian
|
:
|
02
Januari 2013 – 30 Desember 2013
|
Semester
|
:
|
I
, II
|
Tahun
|
:
|
2013
|
NO
|
TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU
|
HASIL ANALISIS KAJIAN ATAU KESIMPULAN DARI
DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL PENGAMATAN
|
BUTIR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
YA
|
TIDAK
|
||||||
I
|
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
||||||
1.
|
Guru memformulasikan tujuan
pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan
memperhatikan karakteristik peserta didik.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang
akan dicapai.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Tujuan pembelajaran memuat gam baran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik se- suai dengan kebutuhan belajarnya
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Tujuan pembelajaran disesuaikan dgn kebutuhan belajar peserta didik
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
2.
|
Guru menyusun bahan ajar secara
runut, logis, kontekstual dan mutakhir.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke
kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun
denganmemperhati kan potensi
peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat, motivasi tinggi dan rendah)
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan
Ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
|
|
|||
|
d.
|
Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak
hanya buku pegangan peserta didik)
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0
|
|
||||||
3.
|
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Strategi, pendekatan, dan meto-de pembelajaran
relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi
harus dikuasai peserta didik.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman
peserta didik
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat
perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
|
|
|||
d.
|
Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional
dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan
belajar peserta didik.
|
|
|
||||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
4.
|
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan
strategi pembelajaran.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk
mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya
buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk
kompetensi keterampilan).
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat
memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk
operasi hitung matema tika, lampu
senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat
perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
II
|
PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
||||||
5.
|
Guru memulai pembelajaran dengan efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melakukan apersepsi
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
|
|
|
|
|||
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
6.
|
Guru menguasai materi pelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi
pembelajaran.
|
|
|
|||
|
d.
|
Kemampuan menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|
|||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
|
|||||
7.
|
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
b.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
|
|
||||
Selama pengamatan:
|
c.
|
Menguasai kelas
|
|
|
|||
d.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
||||
Setelah pengamatan:
|
e.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect)
|
|
|
|||
f.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dgn alokasi waktu yg direncanakan
|
|
|
||||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
8.
|
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media
pembelajaran
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Melibatkan siswa dalam pembuat an dan
pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
9.
|
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui
interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Merespon positif partisipasi siswa
|
|
|
|||
c.
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|||
e.
|
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
|
|
||||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
|
|||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
|
|||||
10.
|
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
c.
|
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
11.
|
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
|
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
b.
|
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
III
|
PENILAIAN PEMBELAJARAN
|
||||||
12.
|
Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan
belajar peserta didik
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes
lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik
dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.
|
|
|
|||
c.
|
Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester.
|
|
|
||||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan untuk keperluan program perbaikan
(remedial, pengayaan, dan/atau
menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian
kinerja)} x 100%; [(0
|
|
||||||
13.
|
Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP.
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian
tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan
ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam
aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.
|
|
|
|||
|
c.
|
Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk berbagai tugas terstruktur
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan
materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.
|
|
|
|||
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||||
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||||
14.
|
Guru memanfatkan berbagai hasil
penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan
belajarnya dan bahan penyusunan
rancangan pembelajaran selanjutnya
|
Sebelum pengamatan:
|
a.
|
Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifi -kasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga
diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan
remedial dan pengayaan.
|
|
|
|
Selama pengamatan:
|
b.
|
Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau
pelaksanaan pembelajaran
|
|
|
|||
|
c.
|
Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua,
teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya.
|
|
|
|||
Setelah pengamatan:
|
d.
|
Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif
untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial
untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran
|
|
|
|||
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||||
|
|
Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator
penilaian kinerja)} x 100%;
[(0
|
|
||||
Total Nilai
Kinerja Guru
|
47
|
||||||
Konversi Total
Nilai Kinerja Guru ke Skala 100
(Permenneg PAN
dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15)
|
83.9
|
||||||
Kategori Nilai
Kinerja Guru
|
Baik
|
||||||
Nganjuk, November 2013
Guru
yang Dinilai
|
Penilai
|
Kepala
Sekolah
|
|
|
|
…………………………………………….
|
………………………………………………..
|
…………………………………………………
|
NIP.
|
NIP.
|
NIP.
|
No comments:
Post a Comment