By Herdian Wibisono

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP Bhs Indonesia Kls VII Bab 3 Bagian 1)

Saturday, August 30, 2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan         : SMP
Kelas/Semester             : VII/1
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Topik                            : Teks Eksposisi
Jumlah Pertemuan        : 2 x Pertemuan

A.     Kompetensi Inti (KI)
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang  sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.2       Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
2.1       Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan eksposisi
3.1       Memahami teks eksposisi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.2.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
2.1.1   Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan eksposisi
3.1.1   Menyebutkan  isi teks eksposisi
3.1.2   Menyebutkan struktur teks eksposisi
3.1.3   Menyusun teks eksposisi
3.1.4   Menyatakan pendapat dengan alasan yang tepat
D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
3.      Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan sikap jujur, tanggung jawab, dan santun dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam menyusun/memproduksi eksposisi baik lisan maupun tulisan
4.      Setelah membaca teks eksposisi dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan isi teks eksposisi sesuai dengan isi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
5.      Setelah membaca teks eksposisi dan mendiskusikannya siswa dapat menyebutkan  struktur teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
6.      Setelah membaca teks eksposisi dan mendiskusikannya siswa dapat menyusun teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
7.      Setelah membaca teks eksposisi dan mendiskusikannya siswa dapat menyatakan pendapat baik secara lisan maupun tulisan
E.     Materi Pembelajaran
·                  Teks eksposisi
·                  Struktur teks eksposisi
·                  Ciri bahasa teks eksposisi
F.      Alokasi Waktu
4 x 40 Menit ( 2 X pertemuan)
G.    Metode Pembelajaran
Metode scientifik
H.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 ‘)
1)    Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
3)    Untuk menarik minat, siswa mendengarkan pembacaan puisi bertema lingkungan hidup yang berjudul “Tanah Kelahiran” karya Ramadhan K.H.
4)    Siswa diberi pemahaman tentang teks eksposisi yang dikaitkan dengan   fenomena yang terjadi di sekitar siswa. Guru menggugah kesadaran siswa agar  mencintai dan bangga menjadi bangsa Indonesia.
b.      Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca teks eksposisi secara cermat.
2)    Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi teks eksposisi sesuai isi teks eksposisi.
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan menjawab pertanyaan tentang isi dan struktur teks eksposisi.
4)    Salah satu kelompok melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Siswa bersama guru membahas hasil pekerjaan setiap kelompok .
c.     Kegiatan Penutup (10’)
1)    Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)    Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)    Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.    Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan (10’)
1)  Siswa menrespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.    Kegiatan Inti (60’)
1)    Siswa membaca contoh teks eksposisi dengan cermat.
2)    Siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur teks eksposisi.
3)    Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun siswa secara berkelompok membaca dan berdiskusi menentukan struktur teks dan menyatakan pendapat sesuai struktur teks eksposisi.
4)    Wakil dari masing-masing kelompok secara bergiliran melaporkan hasil diskusinya.
5)    Kelompok lain merespon atau menanggapi dengan responsif dan santun.
6)    Guru dan siswa membahas setiap hasil kerja kelompok untuk menentukan struktur teks eksposisi yang benar.
b.      Kegiatan Penutup (10’)
1)      Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2)      Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3)      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a.    Penilaian Proses
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Religius
Pengamatan
Proses

Lembar Pengamatan
Hasil penilaian nomor 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi bagi Guru Agama dan Guru PKn
2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun
.
b.    Penilaian Hasil
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menyebutkan  isi teks eksposisi
Tes tertulis
Tes uraian
1.      Bacalah dengan saksama teks eksposisi berikut! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
Menyebutkan struktur teks eksposisi observasi
Tes tertulis

Tes uraian


2.      Identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks eksposisi!
Menyusun  teks eksposisi
Tes tertulis
Tes uraian
3.      Susunlah teks eksposisi tentang pendidikan karakter beriukut!
Menyatkan pendapat
Tes tertulis
Tes uraian
4.      Buatlah 2 kalimat pendapat dengan alasan yang logis sesuai konteksnya!






PedomanPenskoran :
Soal no. 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab pertanyaan

·         Jawaban 5 betul
5
·         Jawaban 4 betul
4
·         Jawaban 3 betul
3
·         Jawaban 2 betul
2
·         Jawaban 1 betul
1

Soal no. 2
Aspek
Skor
Siswa mengidentifikasi struktur teks observasi

·         Menjawab 3 aspek struktur teks dengan benar
5
·         Menjawab 2 aspek struktur teks dengan benar
3
·         Menjawab 1 aspek struktur teks dengan benar
1
SKOR MAKSIMAL
5

Soal no. 3
Aspek
Skor
Siswa menyusun teks eksposisi

·         Menjawab  3 unsur dengan benar
6
·         Menjawab  2 unsur dengan benar
4
·         Menjawab  1 unsur dengan benar
2
SKOR MAKSIMAL
6

Soal no. 4
Aspek
Skor
Siswa menyatakan pendapat sesuai teks eksposisi

·         Membuat 2 kalimat pendapat benar dan logis
4
·         Membuat 1 kalimat pendapat benar dan logis
2
·         Membuat kalimat pendapat salah dan tidak logis
1
SKOR MAKSIMAL
4



J.      Sumber Belajar
Ismail Marahimin. 2008. Penulisan Populer. Jakarta: Pustaka Jaya
Parera, J.P. 2003. Menulis Tertib dan Sistematis. Jakarta : Erlangga
Keraf, Gorys.  2004.  Argumentasi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah


Jatikalen,   Juli  2014
Mengetahui
Kepala SMPN 2 Jatikalen                                        Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Noor Cholis, S.Pd., M.Si.                                        Herdian Wibisono, S.Pd.
NIP 19620702 198301 1 004                                 NIP 19680319 199903 1 004






Lampiran 1
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN  SIKAP
Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Ajaran   : 2014/2015
Waktu Pengamatan: Dalam PBM
Sikap  yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















.6

















7

















8

















9

















10

















11

















12

















13

















14

















15

















16

















17

















18

















19

















20

















21

















22

















23

















24

















25


















Lampiran 2
Lembar Keaktifan Siswa
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar          : Memahami teks eksposisi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               : Teks eksposisi
No
Nama Siswa
Keaktifan Siswa
SA
A
KA
TA
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





 Keterangan :
SA : Sangat Aktif
A   : Aktif
KA : Kurang Aktif
TA : Tidak Aktif



Laporan Hasil Tugas
Kelas/Semester                        : VII/1
Kompetensi Dasar          : Memahami teks eksposisi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
Materi Pokok               : Teks eksposisi

No
Nama Siswa
Skor aspek yang dinilai
Jumlah
Tesis
Argumentasi
Penegasan
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22





23





24





25





 Keterangan
Skor maksimal :
Tesis                      : 20
Argumentasi      : 40
Penegasan          : 40