By Herdian Wibisono

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

PTK - Penelitian Tindakan Kelas (Jilid 2)

Monday, June 30, 2014

Apakah yang harus dituliskan dalam Bab I Pendahuluan ?
A. Latar Belakang
Dalam bagian latar belakang masalah, peneliti mengemukakan kondisi yang seharusnya (kondisi ideal) dan kondisi yang ada sehingga jelas adanya kesenjangan yang merupakan masalah yang menuntut untuk dicari solusinya melalui penelitian tindakan yang tepat. Deskripsikan permasalahan-permasalah yang membuat kegagalan dalam pembelajaran setelah melakukan serangkaian identifikasi penyebab permasalahan.
 Pada bagian ini pula disajikan pentingnya tindakan tersebut dilakukan atau dengan kata lain uraikan tentang dampak-dampak yang akan terjadi bila masalah tersebut tidak segera diatasi. Kemukakan juga bahwa penelitian penting dilakukan karena adanya waktu untuk mengadakan penelitian, biaya relatif terjangkau, daya dukung yang tersedia untuk memperlancar penelitian.
Pada bagian ini juga disebutkan atau diuraikan tindakan yang dilakukan (model / metode pembelajaran efektif). Dalam hal ini peneliti sebaiknya memaparkan alasan-alasan mengapa tindakan tersebut (model / metode pembelajaran yang efektif) dilakukan atau dipilih untuk menyelesaikan masalah. Sebaiknya peneliti juga memberikan sedikit teori yang melandasi ide atau gagasan untuk mengatasi masalah tersebut.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam PTK adalah beberapa pertanyaan yang akan terjawab  setelah tindakan selesai dilaksanakan. Rumusan masalah harus dirinci sehingga tidak terlalu umum hanya menanyakan "dengan metode diskusi minat belajar siswa menjadi tinggi" tetapi harus dipisah-pisah, yaitu bagaimana proses, bagaiamana situasi, dan bagaimana hasilnya.
Contoh :
1. Apakah metode diskusi dapat mendorong siswa untuk belajar lebih bersemangat?
2. Bagaimanakah penguasaan materi siswa setelah mengikuti pemebelajran dengan metode diskusi?

C. Tujuan Penelitian
Untuk tujuan penelitian harus sejalan dengan rumusan masalah yang telah disajikan.
Contoh :
1. Mendeskripsikan seberapa besar siswa bersemangat mengikuti pelajaran dengan metode diskusi.
2. Mendeskripsikan penguasaan materi siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi.

D. Manfaat Penelitian
Dalam menyajikan manfaat peneltian tindakan, sebaiknya peneliti tidak terlalu ambisius. Rumuskan hanya yang terkait dengan siswa, bagi guru, dan bagi sekolah.


PTK (Penelitian Tindakan Kelas)

Friday, June 27, 2014

Sistematika PTK

Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian

Bab II Kajian Teori
Dalam bab II ini berisi :
a. Teori yang terkait dengan variabel permasalahan yang dipecahkan serta variabel tindakan yang digunakan untuk mengatasinya,
b. Usaha peneliti memberikan argumen teoritis bahwa tindakan yang dimabil peneliti didukung oleh teori.
c. Action tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu Proses Belajar Mengajar.
d. Hipotesis tindakan jika diperlukan.

Bab III Metodologi Penelitian
A. Subjek Penelitian
B. Setting Penelitian
C. Desain/ Rancangan Penelitian
D. Jenis Instrumen dan Cara Penggunaannya
E. Pelaksanaan Tindakan
F. Cara Pengamatan/ Monitoring
G. Analisis Data dan Refleksi

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
A.Hasil Penelitian
B. Pembahsan

Bab V Penutup
A. Simpulan
B. Saran

Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran